Mengatasi Kesemutan Dengan Mudah

Kesemutan bukan hal lagi yang aneh bagi setiap kalangan terutama orang yang memiliki kebiasaan duduk dalam dalam waktu lama.  Kesemutan biasanya sering terjadi pada kaki dan tangan seperti ketika posisi bersila dalam waktu lama kaki mulai merasa kesemutan atau pada waktu kaki tertindih badan kita kesemutan seperti bisa disebut normal karena tekanan yang terjadi pada saraf dan pembuluh darah menyebabkan tidak adanya aliran darah pada bagian tertentu, sehingga kaki kembali diluruskan dan tekanan hilang kesemutan berangsur menghilang dengan sendirinya.Tetepi ketika kaki atau tangan mengalami kesemutan tanpa penyebabnya jangan dianggap normal karena karena ada penyakit-penyakit yang menjadi penyebabnya. Maka dengan itu kami akan memberikan artikel mengatasi kesemutan semoga bermanfaat.


Cara Mengatasi Kesemutan

 

Kesemutan pada area tangan.


Kesemutan pada tangan terjadi karena tekanan yang terjadi pada saraf-saraf tangan dan pembuluh darah menyebabkan tidak adanya aliran darah pada bagian tangan. Biasanya gejala ini terjadi ketika saat kita sedang tidur karena kita tidak menyadari menghimpit atau menindih tangan terlalu lama. Bisa juga terjadi menonton TV sambil tiduran miring dan menahan kepala dengan tangan dalam waktu yang lama.

Cara Mengatasinya 


1. Posisikan tangan pada posisi yang senyaman mungkin.

2. Apabila ketika kesemutan terjadi pada tangan kiri maka jentiklah dengan sekuat tenaga jempol kaki kanan anda dan apabila kesemutan pada tangan kanan maka jentiklah dengan sekuat tenaga jempol kaki kiri.

3. Dengan cara ini kesemutan terasa seperti tertusuk-tusuk apa lagi saat posisi tangan dipindahkan akan hilang, yang tertinggal hanyalah mati rasa atu kaku dan itu rasanya tidak menyiksa.

4. Diamkan jangan banyak bergerak sampai aliran darah normal kembali dan rasa kebasnya berangsur menghilang.


5. Dan bisa juga menjulurkan tangan yang mengalami kesemutan ke atas.

 

Kesemutan Pada  Kaki


Kesemutan pada kaki terjadi saat duduk bersila terlalu lama, bisa juga ketika saat duduk dalam posisi yang salah terlalu lama sehingga pembuluh darah terhimpit dan menyebabkan tekanan yang terjadi pada saraf-saraf kaki dan pembuluh darah menyebabkan terhambatnya aliran darah pada bagian kaki. 

Cara Mengatasinya:


1. Posisikan kaki pada posisi yang nyaman.

2. Jika kesemutan terjadi pada kaki kanan maka jentiklah sekuat tenaga jempol tangan kiri anda.

3. Jika kaki yang kesemutan adalah kaki kiri anda maka jentiklah sekuat tenaga jempol tangan kanan anda.

4. Setelah melakukan hal itu insya Allah rasa kesemutan seperti tertusuk-tusuk jarumnya akan hilang dan hanya tertinggal rasa kebas.

5. Diamkan beberapa saat sampai aliran darah kembali normal dan rasa kebas pun akan berangsur menghilang.


6. Dan bisa juga menjulurkan tangan yang mengalami kesemutan ke atas.

Apabila kesemutan disebabkan karena gangguan fungsi pada syaraf cara mengatasinya dengan mengkonsumsi vitamin seperti vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin-vitamin tersebut akan membantu memperbaiki fungsi-fungsi syaraf dan membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh.

(baca artikel menarik lainnya : sumber nutrisi)

Bagi yang sering mengalami kesemutannya tinggi, semakin lama semakin sering dan semakin barat, serta pada area yang terjadi semakin luas sebaiknya anda segera konsultasi kesemutan yang dialami ke dokter karena dikhawatirkan kesemutan yang dialami berupa gejala penyakit yang cukup serius.

Artikel selanjutnya Penyebab Terjadi Kesemutan Kronis